Sabtu, 08 Juni 2013

Berpetualang di Kota Tua Jakarta

Jakarta, 8 Juni 2013

Hai sobat Chan n Bams lagi jalan-jalan nich di Kota Tua Jakarta, letaknya di Stasiun Kota Jakarta. Kita berangkat dari Slipi naik trans jakarta, dengan biaya 3500 per orang tentunya dengan beberapa kali pindah koridor sampailah kita di Kota tua Jakarta. Kita turun di halte stasiun Kota, dan kota tua terletak di belakang  stasiun kota tersebut. Disebut kota tua karena banyak bangunan jadul pada masa penjajahan Belanda disini, banyak museum sejarah jakarta disini, ada museum wayang, museum mandiri, museum fatahillah dsb. Ada kafe yang ngetop juga buat yang suka makan dengan konsep yang lebih inlander dan bersih tentunya namanya cafe batavia. Tapi bagi yang ga ke kafe banyak penjaja makanan disini, ada kerak telor, rujak  buah, otak-otak garing, ketoprak, mie ayam, baso, pecel dsb. Bagi yang mau beli minuman dengan harga yang biasa bisa beli di Alfa**rt kok yang ada di wilayah ini. Ada WC umum juga dengan harga 2000 rupiah tempatnya ada di warung makan sebelah kafe betawi tapi ya emang ga bersih-bersih amat tapi lumayan klo udah "kepingin" hew2..

Ini pemandangan trotoar dari kota tua, banyak yang jual makanan, kaos dan souvenir. Pingin foto di mobil-mobil tua ada tukang fotonya kok mulai harga 20rb per foto dengan ukuran 4R. 

Nich ada yang jual kerak telor harganya 15ribu, yang jual ga cuma 1 doank kok. Chan baru nyobain nich yang namanya kerak telor. Ada pilihan pake telor ayam apa telor bebek. Kerak telor itu beras ketan dicampur telor trus di dadar diatas tungku, untuk penyajiannya dikasih serundeng dan bawang goreng. Rasanya lumayan enak apalagi ini makanan khas jakarta yang wajib dicoba bagi orang luar jakarta kaya Chan ini. Trus kita makan ketoprak juga harganya kurang lebih 13ribu,pecel harganya 6ribu dan otak-otak kering (ya semacam kerupuk tengiri dikasih saus) harganya 5ribu.

Ini "penampakan" di depan musem Fatahillah, museum ini berisi sejarah kota Batavia. Berhubung sedang liburan banyak studi tour dari pelajar yang main kesini. Harga tiketnya ga mahal kok cuma 5000 aja kita udah bisa liat "eksekusi gantung" dari jaman belanda (wah ngeri juga ya..) ya di imitasi kok pake patung tapi tetep aja serem, trus ruangan jaman dulu, prasasti-prasasti, gerabah dan miniatur kapal.

Ini sekelumit pemandangan di dalam Museum Fatahillah nya..

Di depan museum fatahillah ada penyewaan sepeda buat keliling, kalo kita sewa kita juga dipinjemin topi ala kolonial jadi serasa jaman Belanda dulu. Disini juga ada jasa foto bareng, ada yang bergaya ala none belanda tapi yang meragain tuh cowok pake gaun dibedakin putih tebel banget, trus ada koko ala Chinese dan ondel-ondel klo yang mau foto bareng bayar dulu ya... hew2...

Nge-date ke museum? Why not dunk.. sekali-kali dunk belajar sejarah sambil jalan-jalan. See you next time on our story. Salam manis Chan dan Bams ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Thanks Sudah Berkunjung dan Kasih Komen ^^