Jumat, 21 Oktober 2011

Seperti Secangkir Kopi

Malam ini -meski tidak selarut biasanya, saya masih terhitung lambat tiba di rumah. sehingga menemukan anak saya sudah lelap dibuai mimpi.

'mungkin dia kelelahan, tadi sore main kebut-kebutan sepeda dengan teman-temannya', jelas bunda.

maka selepas mandi, sembari memisah lelah saya memilih duduk di teras depan berteman secangkir kopi panas dan mengobrol dengan bunda. seselesainya, saya berencana meneruskan sisa pekerjaan dari kantor.

pada seruputan yang kesekian, saya mengeluhkan betapa melelahkannya hari-hari belakangan ini.

mendengarnya, bunda hanya tersenyum tanpa menanggapi.

sejenak. dia berucap, 'menurut ayah, berapa berat segelas kopi yang sedang ayah pegang itu?', tanyanya.

saya menggeleng, tetapi menjawab,'tidak sampai seperempat kilo barangkali'. 'kenapa?', sambung saya keheranan.

'kira-kira kalau ayah angkatpegang selama satu menit, ayah bakalan lelah tidak?, jawabnya.

saya menggeleng.

'kalau satu jam?', sambungnya.

'pasti tangan ayah jadi sakit', jawab saya.

'kalau seharian penuh, kira-kira sanggup tidak?', tambahnya.

dan saya menggelengkan kepala sebagai jawaban.

'barangkali seperti itulah beban. secangkir kopi yang sebenarnya berberat sama, semakin lama kita angkatpegang, makin terasa pula beratnya'.

'bayangkan jika kita membawanya terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. sebab beban itu serasa meningkat beratnya'.

'apa yang sebaiknya kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi'.

'sekaliwaktu kita harus meninggalkan beban kita secara berkala, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi'.

'jadi sebelum pulang ke rumah, tinggalkan saja beban pekerjaan. jangan bawa pulang. akan lebih baik bila kita istirahat dan bersenang-senang'.

'bukankah beban itu dapat diambil lagi besok?'.

menyelesaikan kalimat terakhirnya, bunda beringsut permisi hendak tidur.

sementara saya menekur. dan rasanya ucapan panjang bunda memang ada benarnya. maka saya mengurung niat menerusrampungkan sisa pekerjaan.

hanya saja yang terjadi adalah, bukannya memilih beristirahat, saya justru menyusul bunda tidur, memeluknya hingga 'bersenang-senang' dengan bunda.

dan seperti mengangkat secangkir kopi, satu jam kemudian kami saling kelelahan. namun demikian, malam ini kami merasa bahagia. semoga esok pagi menjadi segar karenanya. 



sumber : http://www.bluefame.com/topic/443531-seperti-secangkir-kopi/

0 comments:

Posting Komentar

Thanks Sudah Berkunjung dan Kasih Komen ^^